Senin, 01 Maret 2010

Akun Facebook Bisa Kebobolan Ya?


Akhir-akhir ini saya sering mendengar banyak akun facebook yang kebobolan oleh hacker sehingga pemilik akun yang asli tidak dapat lagi mengakses akun tersebut. Lha kok bisa? Ya bisa lah, sampai saat ini saja setidaknya ada 3 teman saya yang terpaksa membuat akun facebook yang baru karena akun yang lama kebobolan.

Menurut saya hal itu karena kecerobohan pemilik akun facebook itu sendiri. Banyak sebab yang bisa menyebabkan kita kebobolan akun facebook, beberapa sebab antara lain:

1.Membuka akun facebook di warnet, kemudian kita memilih remember password waktu log in, dan lupa log out waktu pulang dari warnet (wah, gak perlu hacker, pengguna komputer warnet setelah kita di warnet yang kebetulan iseng jadi leluasa menggunakan akun facebook kita termasuk mengganti password. BAHAYA!!

2.Menulis password dan email yang digunakan untuk akses akun facebook di selembar kertas kemudian kertasnya hilang. Waduh, kalo ketemu orang iseng gimana??

3.Memberitahukan password facebook kita ke semua teman.. Walah, error…


Kalau menurut teman saya yang berkecimpung di dunia per-hacker-an, ada beberapa langkah yang dilakukan hacker untuk mendapatkan akun facebook kita, kurang lebih seperti ini:

1.Hacker menambahkan kita sebagai teman, setelah kita konfirm, dia mengakses data-data kita di facebook termasuk alamat email (yang menjadi sasaran utama)

2.Hacker mengirim email (dengan mengaku seolah-olah dari pihak server facebook), menulis Private Message, atau bahkan menulis di Wall anda, yang semuanya akan ada link yang anda diminta untuk mengakses.

3.Jika anda terpancing membuka link tersebut, anda akan diarahkan mengisi data login facebook anda (termasuk password) sehingga hacker akan mengetahui data akses anda.

4.Setelah mendapatkan akses anda, si hacker akan membuka akun facebook anda dan mengacak-acak isi akun facebook anda.

Wuik serem juga… Lha cara mengantisipasi bagaimana?

1.Jika mengakses facebook di warnet, jangan memilih remember password, dan jangan lupa log out sebelum pulang

2.Jangan menulis password di kertas, bisa hilang dan bisa berabe

3.Jangan memberitahukan password akun facebook anda ke teman-teman (kan lucu)

4.Jika ada seseorang yang add kita, jangan semena-mena mengconfirm, waspadalah

5.Hati-hati jika ketika kita mengklik sebuah link, yang ternyata isinya kita harus mengisi data email dan password

6.Jangan samakan password akun facebook anda dengan password email dan lainnya

7.Jangan lupa berdoa, OK

Sebaiknya kita berhati-hati, karena kalau sampai kebobolan bisa berabe, iya kalo “Cuma” merusak isi wall, atau info dan foto, lha kalau sampai yang ekstrim seperti meminjam uang ke teman facebook anda, transfer dana dan yang bertanggung jawab anda, bisa beraaabeee… So, kita wajib berhati-hati…

2 komentar:

Unknown mengatakan...

iya ati2 banyak add deras melanda akunku juga maklaum orang terkenal wkwkwkwkwkw

vandick mengatakan...

Hmmm, iya juga ya, terkenal di dunia pertandakan, wekekekek :p

Posting Komentar