Kamis, 25 Februari 2010

Tips Untuk mengatasi Kegemukan




















Kegemukan, Ough, masalah yang banyak dihadapi oleh masyarakat saat ini. Memang sebenarnya hal yang sepele, namun berat badan yang berlebihan akan menyebabkan kita menjadi lebih berpotensi terkena serangan jantung, stroke, kencing manis, dan darah tinggi, jadi kita harus waspada dan sebisa mungkin menjaga tubuh kita dalam berat badan yang ideal.


Berat Badan Ideal

Bagaimana cara mengetahui apakah berat badan kita sudah ideal atau masih masuk kategori kegemukan? Nah, berdasarkan ilmu yang saya dapat ketika dulu sempat bergerak di bidang pelayanan kesehatan, terdapat beberapa cara untuk mengukur berat badan ideal, antara alin Cara Simple Bocca, Prosentase Berat Badan Relatif, dan Body Mass Index.

Kita gunakan salah satu saja, misalnya dengan menggunakan metode Prosentase Berat Badan Relatif, cara penghitungan berat badan adalah :
(BERAT BADAN : (TINGGI BADAN - 100)) x 100 %.

Jika hasinya kurang dari 90%, berarti anda termasuk Kurus.
Jika hasilnya antara 90% - 110%, berarti berat badan anda Ideal, cihuy.
Jika hasilnya antara 110% - 120%, berarti anda termasuk kategori Kegemukan.
Jika hasilnya lebih dari 120%, berarti anda obesitas, hati-hati….

Sebagai contoh, Fariz memiliki tingga badan 165 cm, sedangkan berat badannya adalah 75 kg. bagaimana menghitungnya? Berarti untuk menghitung metode Prosentase Berat Badan Relatif Fariz adalah 75 : (165-100) x 100% = 75 : 65 x 100% = 115,38%.
Berarti, dengan Prosentase Berat Badan Relatif 115,38%, Fariz dikategorikan mengalami kegemukan. Cukup mudah kan untuk melakukan perhitungannya?


Tips Untuk mengatasi Kegemukan

Memang membutuhkan ketelatenan serta pola diet yang sehat dan teratur untuk kembali mencapai berat badan ideal. Selain itu, hal yang dapat anda lakukan adalah dengan berolahraga secara teratur dan berjalan kaki selama 150 menit dalam seminggu, jadi rata-rata Cuma butuh berjalan kaki selama 25 menit per hari. Aktifitas tersebut bahkan bisa menurunkan berat badan antara 5 hingga 7,5 k dalam seminggu jika kita melakukannya dengan teratur.
Selamat mencoba

5 komentar:

Unknown mengatakan...

wakaka, saya mengenal nama -"semacam fariz"-, royaltine njaluk rek wkwkkw

vandick mengatakan...

royaltine wes tak share nang ybs, wes ono MoU-ne pisan, monggo langsung confirm ke fariz, hohoho

Unknown mengatakan...

wkwk...iyo sesok tk tanyakan ben di share royaltine ,..

zeeee mengatakan...

kenapa contohnya koq gak afandi aja yah kan lebih seru wkwkwkwkw

vandick mengatakan...

Soalnya kalo afandi itu memiliki Prosentase Berat Badan Relatif 98% jadi termasuk berat badan ideal dan cenderung atletis :D

Posting Komentar